01 Nov 2016 yang lalu

Pernah tidak terpikir olehmu kalau film horor Asia lebih menyeramkan ketimbang film horor Amerika? Meskipun terkadang ide filmnya hampir mirip, kamu masih tetap merasa garapan Asia lebih bikin paranoid dan susah tidur. Kira-kira kenapa, ya?

Dekat dengan Kehidupan Kita

Alasan pertama yang paling masuk akal adalah karena kita menganggap hantu-hantu film horor Asia lebih dekat dengan kehidupan kita, yang notabene adalah orang Indonesia (sama-sama Asia).

Film Kuntilanak

Kamu pasti lebih ngeri setelah nonton film "Kuntilanak" daripada film "Bloody Mary" garapan orang Barat, kan? Ya, itu karena kita berpikir kalau yang lebih bisa menghantui kita secara dekat dan cepat adalah kuntilanak, sedangkan hantu Bloody Mary terlalu jauh untuk bisa "nyamperin" kita yang tinggal di Indonesia.

Train to Busan

Sebagian orang juga merasa lebih degan-degan dan senewen setelah menyaksikan film zombie "Train to Busan" (Korea) ketimbang film "Dawn of The Dead" (Amerika) karena objeknya lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari, yaitu kereta. Walau perawakan zombie dalam kedua film sama-sama menyeramkan, tapi "Train to Busan" sukses bikin "warga KRL" ketakutan saat ada orang yang batuk keras atau terlihat sakit di kereta.

Berdasarkan Kisah Nyata atau Mitos Tua yang Lebih Klenik

Alasan kedua, mungkin kamu setuju bila film horor yang dibikin berdasarkan kisah nyata atau mitos tua lebih seram ketimbang horor karangan. Walaupun film Barat juga tak sedikit yang diadaptasi berdasarkan kisah nyata dan mitos, tapi kamu merasa tidak kalau mitos orang Barat itu kurang klenik?

Kuntilanak & Pocong

Banyak film Thailand dan Jepang atau bahkan Indonesia (kecuali yang sudah diracuni adegan seks) yang membuat kamu tak berani beraktivitas sendirian selama beberapa hari, karena konsep kisah nyata dan mitos tuanya yang sangat menyeramkan!

Penampilan hantunya pun persis seperti apa yang orang-orang tua dulu ceritakan kepada kita. Alhasil, cerita dan hantunya lebih menempel di pikiran kita ketimbang apa yang ditampilkan film horor Amerika.

Sederhana, tapi Gereget!

Sudah pernah menonton beberapa film Jepang atau Thailand yang dibuat ulang oleh Amerika? Bagaimana menurutmu? Pasti lebih seram versi aslinya, bukan?

Sadako

Bisa dibilang, konsep film horor Asia lebih simpel ketimbang film Amerika. Film horor Asia juga tidak memerlukan efek kelewat canggih agar membuat adegan dan hantunya kelihatan seram. Hanya dengan jalan cerita, adegan yang iconic seperti dering telepon dan Sadako yang keluar dari televisi, serta penampilan hantunya saja. Tapi ini semua membuat film horor Asia bisa bikin bulu kudukmu berdiri!

Install Aplikasi BaBe

Cepat, ringan, dan hemat kuota!

UNDUH

Kontributor: Dinda Ayu Maharani

Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar dari campur tangan BABE.

BABE menyediakan wadah bagi anak bangsa yang tertarik untuk memuat karya tulisnya di sini.

Info: nulis.babe.news

Home
Kategori
Sosial
Ekstra
Ente tau gak?